Jenis Anjing serigala serta kerabatnya

Anjing adalah mamalia anggota dari genus Canis, yang membentuk bagian dari canids seperti serigala, dan merupakan karnivora terestrial yang telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu,bahkan kemungkinan sudah sejak 100.000 tahun yang lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA.

Anjing telah berkembang menjadi ratusan ras dengan berbagai macam jenis rambut anjing beragam mulai dari warna putih merah abu abu coklat dsb.

Inilah jenis anjing serta kerabatnya

ANJING LIAR AFRIKA (LYCAN PICTUS)

Daerah Persebaran : Afrika

Berat : 18 sampai 36 kg

Makanan : Antelop, impala, zebra, gnu

Spesies ini disebut juga anjing pemburu bebercak atau serigala bebercak dan merupakan satu-satunya famili anjing dengan rambut yang berbintik. Anjing ini berburu secara berkelompok dan memiliki gigitan terkuat kalau di banding ukuran tubuhnya di antara semua karnivora yang masih hidup.

 

RUBAH FENEK (VULPES ZERDA)

Daerah Persebaran : Sahara Afrika Utara

Berat : 0.8 sampai 1.5 kg

Makanan : Rodensia kecil, burung, serangga, kadal

Anggota famili canidae terkecil, rubah ini sangat terspesialisasi untuk hidup di gurun. Telinga nya yang besar membantu mengeluarkan panas dan juga mengumpulkan bunyi. Rubah fenek berburu dengan mendengarkan bunyi rodensia, reptil, dan serangga yang bergerak di bawah pasir.

 

KOYOTE (CANIS LATRANS)

Daerah Persebaran : Amerika Utara dan Tengah

Berat : 6.8 sampai 20.9 kg

Makanan : Rodensia, kelinci, ular, serangga, bangkai hewan, buah, buah beri, rerumputan, ikan, katak, krustasea.

Koyote merupakan spesies yang sangat berhasil, khususnya di tempat yang tidak di huni serigala. Inilah salah satu alasan mengapa koyote umum ditemukan di perkotaan. Alasan lainnya adalah makanan, koyote lebih menyukai rodensia.

 

AJAK (KUON ALPINUS)

Daerah Persebaran : Asia Selatan dan Tenggara

Berat : 17 sampai 21 kg

Makanan : babi liar, kelinci, kambing, domba, buah beri, serangga, kadal

Disebut juga anjing liar Asia. Ajak adalah kerabat jauh dari serigala. Dibanding serigala, ajak memiliki gigi geraham yang lebih sedikit, hidung yang tebal dan lebih pendek serta tungkai yang lebih panjang dan kurus. Ajak dapat melompat setinggi 3.7 m dan sejauh lebih daripada 6.1 m.

 

JAKAL BERPUNGGUNG HITAM (CANIS MESOMELAS)

Daerah Persebaran : Afrika bagian selatan, Afrika Timur, termasuk Kenya, Somalia, Ethiopia

Berat : 5 sampai 10 kg

Makanan : serangga, mamalia kecil, bangkai, reptil, burung.

Jakal berpunggung hitam hidup dalam kelompok kecil, biasanya sepasang pejantan dan betina bersama anaknya. Seperti anggota lain famili anjing, mereka terkadang akan berkumpul bersama dalam kelompok kecil untuk berburu mangsa yang lebih besar seperti antelop.

 

SERIGALA MERAH (CANIS RUFUS)

Daerah Persebaran : Amerika serikat tenggara

Berat : 15 sampai 41 kg

Makanan : Mamalia kecil, beberapa jenis serangga, buah beri

Serigala merah dinamakan demikian karena rambut merah di telinga dan punggungnya. Ekornya panjang dan lebat dengan ujung berwarna hitam, sementara bibirnya berwarna putih. Studi genetika menunjukan bahwa serigala merah berkerabat lebih dekat dengan koyote, dibanding dengan serigala lain.

 

ANJING DOMESTIK (CANIS LUPUS SSP.FAMILIARIS)

Daerah Persebaran : Seluruh dunia

Berat : 0.5 sampai 91 kg

Makanan : daging, padi-padian, sayuran.

Semenjak pertama kali didomestikasi di Asia sekitar 15.000 tahun lalu, anjing telah digunakan untuk berburu, baik berburu makanan maupun olahraga. Sekarang anjing juga merupakan teman, pelindung, penyelamat, pelacak dan penyembuh.

Tinggalkan komentar