Celurut dan insektivora kecil

Celurut adalah hewan pemakan serangga bertubuh kecil yang berpenampilan mirip mencit/tikus kecil dari afrika  spesies terbesar dari keluarga gajah shrew bersama dengan kerabat dekatnya yang berwajah abu-abu.

CELURUT GAJAH PINGGUL EMAS (RHYNCHOCYON CHRYSOPYGUS)

Daerah Persebaran : Area hutan pesisir Kenya, Afrika

Berat : 0.50 sampai 0.54 kg

Makanan : Cacing, laba-laba, serangga

Celurut gajah menggunakan hidungnya yang panjang dan luwes untuk mencari serangga di bawah dedaunan. Spesies ini juga berpasangan untuk seumur hidup. Pada malam hari, celurut gajah tidur di sarang tanah yang di buat dengan menggali lubang dan membatasinya dengan dedaunan.

 

TENREK KECIL (ECHINOPS TELFAIRI)

Daerah Persebaran : Madagascar

Berat : 181.4 g

Makanan : Serangga dan avertebrata lainnya

Seperti lancak, tenrek menggunakan durinya untuk pertahanan dengan menggulung seperti bola. Tapi jika pemangsa memaksa, mereka akan membuka gulungan dan menyerang. Mereka juga dapat menggetarkan duri untuk membuat bunyi gemersik.

 

TUPAI MADRAS (ANATHANA ELLIOTI)

Daerah Persebaran : INDIA

Berat : 0.16 kg

Makanan : Serangga, buah dedaunan

Sekilas, tupai terlihat seperti bajing dengan tubuhnya yang panjang dan ekornya yang tebal. Tupai juga menggunakan kaki untuk memegang makanan. Tapi makanan tupai dan bajing berbeda. Tupai tidak memakan kacang.

 

LANDAK SUSU EROPA (ERINACEUS EUROPAEUS)

Daerah Persebaran : Eropa dan Asia tengah

Berat : 0.8 sampai 1.2 kg

Makanan : Serangga, buah beri, telur burung, katak

kecuali bagian perut dan wajahnya yang berambut, landak susu jenis ini di tutupi sekitar 5000 duri. Panjang durinya sekitar 2-2.5 cm dengan ujung putih dan belang hitam dan coklat. Jika terancam, landak susu menggulung menjadi bola dan mencuatkan durinya.

 

TIKUS MONDOK BERHIDUNG BINTANG (CONDYLURA CRISTATA)

Daerah Persebaran : Amerika Utara timur

Berat : 34 sampai 74 kg

Makanan : krustasea akuatik, ikan kecil, serangga air

Tikus mondok semi-akuatik ini memiliki hidung dengan 22 tentakel yang sangat sensitif dan selalu aktif. Hidungnya digunakan untuk mengorek tanah dan menangkap mangsa seperti cacing, lintah dan larva lalat. Kakinya yang seperti dayung dipakai untuk berenang.

Tinggalkan komentar