Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Rabu, 14 November 2018

Panda (Giant Panda)

 merupakan binatang mamalia orisinil Tiongkok Tengah yang dimasukkan kedalam kelompok beruang Panda (Giant Panda)
Panda (Giant Panda) merupakan binatang mamalia orisinil Tiongkok Tengah yang dimasukkan kedalam kelompok beruang, Ursidae. Secara taksonomi, Panda termasuk binatang karnivora, tetapi pada kenyataannya mereka lebih bahagia memakan bambu-bambuan, meski terkadang mereka juga makan serangga dan telur.
Habitat orisinil Panda ialah di tempat pegunungan China Tengah, terutama di provinsi Sichuan. Namun juga sanggup ditemui di provinsi Shaanxi dan Gansu. Karena ekspansi lahan pertanian, dan proyek pembangunan lainnya, habitat Panda mulai tergusur. Dan ketika ini populasi Panda di dunia semakin menurun.
Pada tahun 2007 dilaporkan hanya ada sekitar 239 ekor Panda yang hidup di Penangkaran di China, 27 di luar China. Sedangkan yang hidup di alam liar jumlahnya masih rancu. Ada yang menyampaikan sekitar 1.590 ekor ada juga study yang dilakukan pada 2006 menyatakan jumlahnya sekitar 2000 sampai 3000 ekor. Namun demikian, laporan tersebut tidaklah menciptakan IUCN menarik Panda dari daftar spesies terancam punah.
Panda bisa tumbuh sampai tinggi sekitar 1 meter dengan berat yang bisa mencapai  160 kg. Ukuran Panda jantang lebih besar dibandingkan ukuran Panda betina. Yang unik adalah, meskipun Panda bisa tumbuh sampai sebesar itu, bayi Panda yang gres lahir ukurannya hanya sekitar 15 - 17 cm dengan berat sekitar 100 - 200 gram.
Pada umumnya Panda hidup secara soliter (menyendiri) dan beberapa Panda remaja mempunyai tempat kekuasaannya sendiri. Selain itu Panda betina biasanya tidak bisa toleran dengan betina lain yang ada di areanya. Panda akan berkomunikasi melalui suara, tanda cakar di pohon, atau tanda wilayah dengan urin.
Panda tidak membangun sarang secara permanen. Sehingga mereka tidak melaksanakan hibernasi pada trend dingin. Sebagai gantinya mereka akan bermigrasi ke tempat yang lebih hangat. Panda juga dikenal lebih mengandalkan memori spasial daripada memori visual.
Panda akan siap kawin pada usia 4 sampai 8 tahun dan akan terus bisa bereproduksi sampai usia 20 tahun. Musim kawin Panda terjadi setahun sekali yaitu antara Maret sampai Mei. Pada masa itu, Panda Betina akan "terangsang" hanya selama 2 atau 3 hari saja. Proses "bersenggama" berlangsung sangat singkat yaitu sekitar 30 detik sampai 5 menit saja. namun mungkin si Jantan akan melakukannya secara berulang-ulang untuk memastikan "pembuahannya" sukses. Kemudian Panda akan mengandung selama 95 sampai 160 hari.
Setelah "kawin", Panda jantan akan meninggalkan si Betina sendirian lagi. Panda betina akan mengurus anaknya sampai bisa bertahan sendiri di alam liar. Jika bayi Panda yang dilahirkan ternyata lebih dari satu, biasanya induk Panda akan menganakemaskan salah satu anaknya tersebut dan membiarkan anak yang lainnya mati. Si induk akan menentukan bayi yang dianggap besar lengan berkuasa dan meninggalkan yang lemah sebab mereka merasa ASI mereka tidak cukup untuk membesarkan anak lebih dari satu.
Hal ini pula lah yang menjadikan populasi Panda kian menurun selain sebab menyempitnya habitat orisinil mereka. Sebagai tambahan, Panda memang terlihat jinak, dan tenang, tetapi pada kenyataannya sering terjadi kasus mereka menyerang manusia. Namun intinya ini ialah bentuk pertahanan diri dan bukan sebab insting predator.
Referensi : wikipedia

0 Komentar Panda (Giant Panda)

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top