Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Sabtu, 10 November 2018

Hyena

 merupakan binatang dari keluarga Hyaenida Hyena
Hyena atau Hyaena merupakan binatang dari keluarga Hyaenida, suborder feliform dari Carnivora. Hewan ini sangat unik dan penting peranannya dalam ekosistem di Afrika dan beberapa kawasan Asia. Meskipun secara phylogenetical binatang ini termasuk kerabat bersahabat kucing, tetapi pada kenyataannya binatang ini mempunyai sikap serta beberapa aspek lain yang mirip dengan anjing.
Baik Hyena maupun anjing merupakan binatang yang tidak sanggup memanjat, serta termasuk binatang cursorial yang memburu mangsanya dengan lebih mengandalkan gigi daripada cakar. Keduanya juga termasuk pemakan yang cepat dan sanggup menyimpannya, mempunyai kepalan kaki yang besar, tumpul, serta tidak sanggup menyembunyikan kuku, yang mengadaptasi mereka untuk sanggup lari dan menikung dengan tajam. Selebihnya sifat Hyena masih mirip dengan sikap kucing.
Meskipun Hyena populer sebagai binatang pengecut, licik dan suka merebut hasil buruan predator lain, pada kenyataannya, terutama untuk Hyena tutul, 95% masakan yang mereka makan yaitu hasil dari mereka berburu sendiri.
Sebenarnya Hyena yaitu binatang yang aktif di malam hari (nokturnal). namun dalam beberapa kasus kita sanggup temui mereka di pagi ataupun siang hari. Selain itu, meskipun Hyena hidup dan berburu secara berkelompok, bergotong-royong binatang ini bukanlah binatang yang suka berteman. Namun ada pengecualian untuk Hyena tutul.
Hyena pertama kali muncul di Eurasia selama periode Miocene dari nenek moyang yang mirip viverrid dan terbagi menjadi 2 jenis yaitu Hyena yang mirip anjing ( lightly built dog-like hyena)  dan Hyena penghancur tulang (robust bone-crushing hyena).
"Dog-like hyena" sudah ada semenjak 15 juta tahun yang lalu, tetapi mereka musnah dikala terjadi perubahan iklim dan kedatangan anjing ke Eurasia. Dari ras ini hanya jenis insectivorous aardwolf yang sanggup bertahan. Sedangkan "bone-crushing hyena" termasuk di dalamnya Hyena tutul, Hyena cokelat, dan Hyena bergaris menjadi binatang pengambil sisa buruan predator di Eurasia dan Afrika.
Proses perkawinan pada Hyena tergolong cepat dan singkat tidak mirip anjing. anak Hyena tutul terlahir dengan kondisi yang sudah "siap tempur" dengan mata yang sudah terbuka sepenuhnya, serta gigi taring dan gigi seri, tetapi corak pada bulunya belum sama mirip Hyena tutul dewasa. Namun lain halnya dengan bayi Hyena bergaris yang terlahir dengan mata masih tertutup, pendengaran kecil, tetapi corak bulunya sudah sama dengan Hyena bergaris dewasa.
Hyena tidak memamahkan masakan untuk bawah umur mereka. Selain itu Hyena tutul jantan tidaklah punya peranan dalam melatih anaknya, berbeda dengan Hyena bergaris jantan yang melaksanakan training kepada anak-anaknya.
Di beberapa kawasan Hyena diburu untuk dijadikan masakan dan juga obat. Termasuk di dalamnya negara-negara muslim yang menganut mahzab Syafii yang menganggap Hyena halal dikonsumsi alasannya yaitu mereka termasuk omnivora. Pada zaman Romawi dan Yunani kuno, beberapa bab badan dari Hyena juga dipakai sebagai pengusir setan.
Referensi : wikipedia

0 Komentar Hyena

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top