Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Minggu, 11 November 2018

Badak Jawa Atau Warak Bercula Satu

 ini merupakan genus yang sama dengan rino india Badak Jawa atau rino bercula satu
Badak Jawa atau badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) merupakan satu dari 5 spesies rino yang masih ada ketika ini. Hewan yang termasuk keluarga Rhinocerotidae ini merupakan genus yang sama dengan rino india. 
Meskipun namanya yakni Badak Jawa, bergotong-royong spesies rino ini menyebar di Asia Tenggara sampai Tiongkok dan India. Dulunya binatang ini pernah menjadi spesies rino yang paling banyak populasinya. Namun ketika ini, jumlahnya justru sangat kritis dan berada diambang kepunahan. Hanya sedikit yang sanggup ditemukan di alam liar dan tidak juga terdapat di kebun binatang. 
Saat ini kita hanya sanggup menemui rino jawa di Taman Nasional Ujung Kulon di pulau Jawa dan Taman Nasional Cat Tien, Vietnam, alasannya info terbaru menyebutkan jikalau populasi Badak Jawa yang ada di India sudah habis. Di Ujung Kulon sendiri ada sekitar 40-50 ekor dan di Vietnam ada sekitar 8 ekor pada tahun 2007. Makanya ada iklan larutan penyegar yang bilang "Nggak ada Badak nggak baik".
Sebenarnya Badak Jawa tidak mempunyai predator yang menerornya. Mereka juga tergolong panjang umur sampai 30-45 tahun di alam liar. Berkurangnya populasi Badak Jawa merupakan tanggapan dari menyempitnya habitat mereka tanggapan perang vietnam. Selain itu juga diakibatkan oleh perburuan liar untuk mengambil cula-nya yang mencapai harga.$30.000 per kilogram.
Untuk menjaga populasi rino jawa, WWF Indonesia berencana untuk memecah populasi rino jawa ke cagar alam lain yaitu Taman Nasional Halimun di Gunung Salak. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dari musibah yang sanggup memusnahkan populasinya secara tidak diduga. Selain itu hal ini juga bertujuan untuk merenggangkan kompetisi wilayah dan sumber masakan dengan banteng yang juga hidup di Ujung Kulon.
Badak Jawa mempunyai tinggi sekitar 1,4–1,7 m dengan panjang antara 3,1 sampai 3,2 m serta mempunyai struktur kulit yang ibarat baju baja. Ukuran ini lebih kecil jikalau dibandingkan dengan Badak India. Sedangkan ukuran culanya merupakan yang terkecil dari spesies rino lainnya yaitu kurang dari 20 cm.
Hewan besar ini bergotong-royong bukan binatang yang agresif. Mereka binatang yang hening dan cenderung akan menjauh jikalau mendeteksi adanya manusia. Namun ketika membesarkan anaknya, rino betina akan lebih garang untuk memastikan anaknya tidak diganggu.
Mereka bahagia berkubang untuk mnjaga suhu badan dan mencegah penyakit dan parasit. Namun mereka tidaklah menggali kubangannya sendiri. Mereka lebih suka memakai kubangan alami atau yang dibentuk oleh binatang lainnya lalu memperlebarnya dengan memakai cula mereka.
Daerah kekuasaan Badak jantan lebih besar dari rino betina. Badak Jantan akan menandai wilayah mereka dengan urin dan tumpukan kotoran mereka. Namun tidak diketahui apakah sering ada perang perebutan wilayah atau tidak, alasannya peneliti hanya memakai kamera dan mengetest kotoran mereka saja untuk mengetahui kondisi rino jawa di alam liar alasannya rino jawa cenderung akan lari ketika menyadari kedatangan manusia..
Badak Jawa yakni binatang herbivora yang memakan tanam-tanaman. Mereka sanggup menghabiskan sampai 50 kg masakan sehari. Diketahui rino jawa butuh garam sebagai nutrisi tubuhnya. Karena flora di ujung kulon tidak mengandung garam, sesekali rino akan meminum air maritim untuk memperoleh nutrisi yang dibutuhkannya tersebut.
Badak Jawa Betina siap kawin pada usia 3 - 4 tahun sedangkan jantan pada usia 6 tahun. Interval kelahiran rino ini sekitar 4 - 5 tahun. Selain itu, anaknya gres dilepas dari induknya sehabis umur 2 tahun. Namun belum banyak yang dipelajari dari spesies ini alasannya susah untuk melaksanakan pengamatan secara langsung. Namun yang pasti, perkembangbiakannya yang sanggup dibilang susah ini juga menjadi salah satu penyebab kelangkaan badak Jawa.


Referensi : wikipedia

0 Komentar Badak Jawa Atau Warak Bercula Satu

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top