Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Kamis, 04 Oktober 2018

Pronghorn, 'Kijang' Tercepat Di Amerika Utara

Pronghorn memiliki nama latin Antilocapra americana. Hewan ini merupakan mamalia endemik kawasan dalam Amerika Utara bab Tengah dan Barat. Uniknya meskipun sejatinya binatang ini bukan seekor antelope (kijang), tetapi penduduk setempat mengenal binatang ini dengan nama pronghorn antelope, atau antelope.

Pronghorn merupakan satu-satunya yang tersisa dari keluarga Antilocapridae. Selama periode Pleistocen, terdapat 12 spesies Antilocapridae yang hidup di Amerika Utara, dimana 5 diantaranya masih eksis ketika saat insan menginjakkan kakinya di Amerika Utara untuk pertama kalinya.

Pronghorn jantan cukup umur mempunyai panjang tubuh sekitar 1,3 - 1,5 m diukur dari ujung hidung sampai ujung ekor, tingginya sekitar 81-104 cm diukur dari bahu ke bawah, dan beratnya sekitar 40-65 kg. Pronghorn betina cukup umur mempunyai tinggi yang sama  tetapi berat badannya hanya sekitar 34 - 48 kg.

Pronghorn jantan cukup umur mempunyai tanduk yang bercabang yang lebih panjang dari pada pronghorn betina. Tanduk pronghorn jantan panjangya sekitar 12,5 cm sampai 43 cm (rata-rata 25 cm), sedangkan tanduk pada betina hanya sekitar 2,5 cm sampai 15 cm (rata-rata 12 cm) dan terkadang terlihat tidak punya taduk..

Pronghorn  merupakan binatang teritorial. Mereka menandai daerahnya memakai kelenjar bacin yang berada di sisi kepalanya. Mereka juga mempunyai mata yang besar yang bisa melihat sampai sudut 320 derajat. Tidak menyerupai rusa, pronghorn mempunyai kantung empedu.

Yang perlu anda ketahui berikutnya ialah bahwa di setiap kakinya pronghorn hanya mempunyai 2 kuku, dan tanpa declaw (pembatas biar kuku tidak bersentuhan pribadi dengan tanah).

Pronghorn merupakan pelari yang sangat cepat. Mereka ialah binatang darat tercepat kedua di dunia sehabis cheetah. Dan merupakan yang tercepat di wilayah Western Hemisphere. Memang belum bisa dipastikan berapa kecepatan maksimal mereka ketika berlari, tetapi yang terang mereka sanggup berlari sampai kecepatan 88.5 km/jam dalam jarak 8 km.

Meskipun demikian, pronghorn diperkirakan bisa jauh lebih usang dalam mempertahankan topspeed mereka ketika berlari dibandingkan dengan cheetah. Diperkirakan kemempuan berlari mereka ini didapat dari nenek moyang mereka yang harus bertahan hidup dari serangan Cheetah Amerika yang ketika ini sudah punah.

Sayangnya, meskipun pronghorn merupakan pelari yang ulung, tetapi mereka ialah pelompat yang buruk. Bahkan mereka tidak bisa melewati pagar domba ternak. Sehingga terkadang mereka ditemukan  terjepit di bawah pagar. Oleh alasannya ialah itu Arizona Antelope Foundation dan beberapa organisasi lainnya tengah mengusahakan biar pagar domba ternak tidak memakai kawat berduri di bab bawahnya.

Pronghorn ialah binatang nerbivora. Habitat utama Pronghorn ialah padang rumput. Namun terkadang mereka juga bisa ditemukan di padang tandus, bahkan gurun. Wilayah penyebaran pronghorn mencakup Southern Saskatchewan dan Alberta di Kanada ke Selatan melewati Amerika Serikat sampai ke Meksiko bab Utara.

Musim kawin pronghorn terjadi pada trend dingin. Pada awal trend semi pronghorn muda akan hidup dengan kelompok 'pemuda', betinanya akan bergabung dengan kelompok betina, dan pronghorn jantan cukup umur hidup secara soliter.

Referensi :  wikipedia

0 Komentar Pronghorn, 'Kijang' Tercepat Di Amerika Utara

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top