Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Selasa, 16 Oktober 2018

Mengenal Lebih Erat Harimau Sumatera

Harimau Sumatera mempunyai nama latin Panthera tigris sumatrae. Harimau Sumatera merupakan binatang endemik pulau Sumatera, sehingga hanya dapat ditemui di Pulau Sumatera saja. Mereka yaitu salah satu dari 6 subspesies harimau yang hingga ketika ini masih ada di bumi. Namun populasi mereka ketika ini berada dalam status critically endangered.

Diperkirakan populasi harimau Sumatera di alam bebas ketika ini hanya ada sekitar 400 ekor. Mereka yaitu predator utama dalam rantai makanan di wilayahnya, sehingga mereka menjaga populasi mangsa mereka di alam liar semoga keseimbangan rantai makanan di daerahnya tetap terjaga. Namun tampaknya insan sudah merusaknya.

Habitat Harimau Sumatera (hutan dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan) semakin menyempit akhir pembukaan lahan gres oleh manusia. Sehingga terkadang harimau-harimau ini harus mencari mangsa hingga ke pemukiman warga dan harus mati dibunuh warga yang merasa terancam. Selain itu perburuan liar yang mengincar bagian-bagian tubuh mereka untuk dijual dipasar gelap sebagai perhiasan, materi obat tradisional, atau jimat menciptakan populasi mereka semakin menurun drastis.

Populasi Harimau Sumatera di Provinsi Riau yang konon merupakan rumah bagi 33% populasi Harimau Sumatera di alam liar pun semakin menurun. Meski sudah dilindungi oleh Undang-Undang, dalam 25 tahun terakhir, populasi mereka tetap menurun, bahkan hingga 70%.

Ciri-ciri Harimau Sumatera yang paling gampang dilihat antara lain yaitu, warna kulit mereka merupakan yang paling gelap diantara semua spesies harimau. Warna bulu mereka mulai dari kucing kemerah-merahan hingga oranye tua.

Harimau Sumatera merupakan spesies harimau yang bertubuh paling kecil jikalau dibandingkan dengan spesies harimau lainnya. Tinggi Harimau Sumatera hanya mencapai 60 cm, dengan berat tubuh mencapai 140 kg. Sementara berat tubuh betinanya hanya hingga 91 kg.
Referensi : WWF

0 Komentar Mengenal Lebih Erat Harimau Sumatera

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top