Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Selasa, 30 Oktober 2018

Mengenal Jerapah, Hewan Darat Tertinggi Di Dunia Dikala Ini

 Nama Jerapah diperkirakan berasal dari bahasa Arab yaitu  Mengenal Jerapah, binatang darat tertinggi di dunia ketika ini
Jerapah atau zarafah yang mempunyai nama latin Giraffa camelopardalis ini merupakan binatang endemik Afrika. Konon, binatang berleher panjang ini yaitu binatang darat tertinggi di dunia ketika ini. Tinggi jerapah jantan mencapai 4,8 hingga 5,5 m.

Nama Jerapah diperkirakan berasal dari bahasa Arab yaitu "zirafah". Jerapah betina biasanya berukuran lebih kecil dan lebih pendek dibandingkan dengan jerapah jantan. Berat badan jerapah bisa mencapai 1,360 kg.

Jerapah masih berkerabat bersahabat dengan rusa dan sapi, hanya saja jerapah berasal dari suku yang berbeda yaitu suku Giraffidae yang meliputi jerapah dan Okapi. Habitat orisinil Jerapah yaitu tempat Chad hingga Afrika Selatan.

Meski semua jerapah terlihat sama dalam penampilan, tetapi pada kenyataannya terdapat 9 jenis jerapah yang dibedakan berdasarkan contoh bercak pada tubuhnya. Jenis-jenis jerapah tersebut antara lain :
  1. Jerapah Kanibal atau Reticulated Giraffe (G.c. reticulata) yang mempunyai bercak cokelat muda kemerahan dipisahkan oleh garis putih cerah membentuk contoh poligon. Bercak-bercaknya bisa hingga di kaki. Habitat jerapah jenis ini yaitu di timur maritim Kenya, Ethiopia, hingga Somalia.
  2. Jerapah Angola atau Smoky Giraffe (G.c. angolensis) yang mempunyai bercak-bercak besar dan kecil yang tidak teratur hingga di bawah lutut. Jerapah jenis ini sanggup ditemui di wilayah Angola dan Zambia.
  3. Jerapah Kordofan (G.c. antiquorum), mempunyai bercak-bercak berukuran kecil yang lebih tidak teratur lagi. Bercak-bercaknya ini berlanjut hingga kaki sisi cuilan dalam. Habitat jerapah jenis ini yaitu di cuilan barat dan barat daya Sudan.
  4. Jerapah Masai atau Jerapah Kilimanjaro (G.c. tippelskirchi) contoh bercaknya mirip daun anggur, berwarna cokelat bau tanah dengan pinggiran yang tidak rata dan dipisahkan oleh garis-garis berwarna kekuningan. Habitat jerapah jenis ini yaitu di Tanzania dan Kenya cuilan Selatan dan Tengah.
  5. Jerapah Nubia (G.c. camelopardalis), mempunyai bentuk bercak yang hampir terlihat mirip bentuk segi empat, berwarna coklat terperinci di atas dasar berwarna krem, tidak ada bercak di bawah lutut dan di sisi kaki cuilan dalam. Habitanya yaitu di wilayah Timur Sudan, dan Timur Laut Kongo.
  6. Jerapah Rothschild atau Jerapah Baringo atau Jerapah Uganda (G.c. rothschildi). Memiliki bercak dengan bentuk segi empat dengan background warna berwarna krem yang bisa mencapai cuilan bawah lutut. Habitat Jerapah jenis ini yaitu di wilayah Uganda, dan cuilan tengah hingga timur Kenya.
  7. Jerapah Afrika Selatan (G.c. giraffa). Memiliki bercak yang terlihat mirip tutul-tutul dan beberapa ada yang membentuk contoh mirip bintang. Bercak-bercaknya ini bisa mencapai cuilan telapak kaki. Jerapah jenis ini hidup di tempat Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Mozambik, dan Zimbabwe.
  8. Jerapah Thornicroft atau Jerapah Rhodesia (G.c. thornicrofti). Memiliki bercak yang berbentuk mirip bintang atau daun. Bercaknya ini hingga ke kaki cuilan bawah. Habitat jerapah jenis ini yaitu di wilayah Zambia cuilan timur.
  9. Jerapah Afrika barat atau Jerapah Nigeria (G.c. peralta). Memiliki warna bercak yang kekuningan dan pucat. Jerapah jenis ini mendiami wilayah Chad.

Referensi : wikipedia

0 Komentar Mengenal Jerapah, Hewan Darat Tertinggi Di Dunia Dikala Ini

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top