Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Selasa, 09 Oktober 2018

Kukang, Mamalia Yang Hanya Mempunyai Satu Pasangan Seumur Hidup

 Kukang merupakan jenis primata kecil yang lamban dalam bergerak Kukang, Mamalia yang Hanya Memiliki Satu Pasangan Seumur Hidup
Kukang mempunyai nama latin (Nycticebus coucang). Kukang merupakan jenis primata kecil yang lamban dalam bergerak, makanya tidak mengherankan jikalau dalam bahasa Inggris kukang disebut dengan nama slow loris.

Kukang merupakan binatang nokturnal (aktif dimalam hari), dan arboreal (banyak menghabiskan waktunya di atas pohon). Makanan utama mereka ialah getah pohon, madu bunga, buah dan anthropoda. 

Kukang merupakan binatang yang suka menyendiri (soliter). Bahkan dalam sebuah study ditemukan fakta bahwa dalam sepanjang harinya hanya 8% dari waktu aktifnya yang mereka gunakan untuk berada di bersahabat makhluk lain.

Kukang juga dikenal sebagai binatang monogami (satu pasangan seumur hidup). Bayi mereka akan lahir sehabis mengalami masa kandungan selama 192 hari. Dan sehabis si anak berumur antara 16 -27 bulan atau sudah siap untuk kawin, mereka akan meninggalkan kedua orang bau tanah mereka.

Kukang sampaumur mempunyai panjang badan sekitar 19 hingga 30 cm dengan berat antara 0,375 kg hingga 0,9 kg. Penampilan kukang yang lucu dan menggemaskan menciptakan binatang langka ini menjadi incaran orang untuk dijadikan binatang peliharaan. Padahal binatang ini sudah dilindungi oleh Undang-Undang.

Penyebaran binatang yang sering juga disebut dengan nama 'malu-malu' ini ternyata sangat luas. Ada sekitar 8 genus yang terbagi dalam 14 jenis kukang yang mendiami wilayah mulai dari Selatan Gurun Sahara di Afrika, Asia Selatan menyerupai India, Sri Langka, Asia Timur dan Asia Tenggara. 

Yang sanggup ditemui di Indonesia ialah kukang yang bermarga Nycticebus. Marga kukang ini terdiri dari 5 jenis yaitu Nycticebus coucang (tersebar di Semenanjung Malaya, Sumatera, dan sekitarnya),
Nycticebus pygmaeus (mendiami Kamboja, Laos, dan Indocina), Nycticebus bengalensis (mendiami India hingga Thailand), Nycticebus javanicus (hanya ada di Pulau Jawa), dan Nycticebus menagensis (mendiami Kalimantan dan sekitarnya)

Habitat kukang ialah semak belukar, dan rumpun bambu di hutan tropis. Belum ada data yang niscaya yang menunjukkan berapa jumlah populasi kukang di Indonesia. Namun diperkirakan jumlahnya terus menurun jawaban semakin menipisnya habitat mereka, dan maraknya perburuan terhadap binatang imut ini.

Populasi kukang yang kian menurun ini menciptakan status mereka menjaid binatang terancam punah. Pemerintah pun memasukkan mereka ke dalam jenis binatang yang dilindungi Undang-Undang. Namun perburuan kukang menyerupai tidak ada hentinya.

Kukang diburu untuk dijual secara ilegal. Ada yang dipakai sebagai materi baku obat tradisional, ada juga yang hanya untuk dijadikan binatang peliharaan. bahkan ada yang hingga memotong gigi-gii kukang semoga si kukang terlihat sebagai binatang yang jinak.


Referensi : wikipedia

0 Komentar Kukang, Mamalia Yang Hanya Mempunyai Satu Pasangan Seumur Hidup

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top