Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Minggu, 07 Oktober 2018

Koko, Gorilla Tercerdas Di Dunia

 ialah nama seekor Gorilla betina yang sangat cerdas Koko, Gorilla Tercerdas di Dunia
Koko ialah nama seekor Gorilla betina yang sangat cerdas, atau mungkin malah gorilla paling cerdas di dunia. Bagaimana tidak, berdasarkan penuturan pelatihnya, Francine Patterson atau yang biasa disapa Penny, Koko bisa memahami lebih dari 1000 bahasa arahan standar Amerika, dan paham akan lebih dari 2000 kata dalam bahasa Inggris.

Koko si Gorilla lahir di kebun binatang San Francisco pada tanggal 4 Juli tahun 1971. Koko menghabiskan sebagian besar hidupnya di Woodside, California, meskipun alhasil dipindahkan ke cagar alam di Maui, Hawaii semenjak tahun 1990-an.

Nama 'Koko' sendiri merupakan nama panggilan. Nama panjangnya ialah Hanabiko, yang dalam bahasa Jepang bisa diartikan menjadi 'anak kembang api' yang merujuk pada tanggal lahir si Koko yaitu 4 Juli.

Penny yakin bahwa Koko bisa menguasai bahasa arahan alasannya ialah ia melihat Koko secara konsisten memakai isyarat-isyarat tersebut dikala berkomunikasi dengannya. Namun beberapa pakar sikap binatang tetap bersikukuh jikalau Koko bahwasanya tidak menguasai bahasa isyarat.

Namun, ilmu psikologi modern sebagian menolak pendapat para hebat sikap binatang tersebut. Mereka percaya bahwa Koko tidak secara asal-asalan dalam memakai isyarat, tetapi memang mempunyai kemampuan berkomunikasi memakai bahasa isyarat.

Penny sendiri mengaku jikalau ia sudah mendokumentasikan bahasa-bahasa arahan gres yang dikembangkan sendiri oleh Koko. Sebagai contoh, tidak pernah ada yang memberitahu Koko apa bahasa isyaratnya 'cincin', tetapi Koko bisa membuat sebuah arahan gres yang artinya 'cincin', yaitu dengan menggabungkan bahasa arahan 'jari' dan 'gelang', dan jadilah 'gelang jari'.

Kemampuan-kemampuan luar biasa yang ditunjukkan oleh Koko tersebut membuat banyak hebat dan peneliti berdebat wacana kemampuan 'mempelajari' atau 'menggunakan' bahasa arahan yang dimiliki Koko. Kebanyakan mengklaim bahwa Koko tidaklah memahami kalimat, tetapi hanya memahami kata per kata. Dan kata yang dimengerti oleh Koko ialah kata benda, dan kata sifat, bukan kata kerja.

Keunikan lain yang dimiliki oleh Koko ialah ia meruapkan makhluk selain insan yang mempunyai binatang piaraan. Para peneliti di Gorilla Foundation menyampaikan jikalau Koko meminta seekor kucing untuk hadiah Natal tahun 1984.

Ron Cohn, hebat biologi yang bekerja pada foundation tersebut menyampaikan kepada Los Angeles Times, bahwa ketika Koko diberi boneka binatang, Koko tidak mau bermain dengannya, bahkan Koko hingga terlihat sedih. Sehingga pada hari ulang tahunnya, Koko diberi kesempatan untuk mempunyai anak kucing.

Koko pun menentukan seekor kucing manx jantan yatim piatu yang berbulu abu-abu yang lalu diberi nama "All Ball". Koko pun sangat perhatian terhadap kucing tersebut, layaknya ia merawat bayi gorilla.

Namaun sayangnya pada bulan Desember pada tahun yang sama, All Ball keluar dari sangkar Koko, dan mati tertabrak mobil. Penny pun mengatakan, dikala ia memberitahu jikalau All Ball telah mati, dengan bahasa isyaratnya Koko bilang "Bad, sad, bad" dan "Frown, cry, frown, sad". Dan Koko pun terdengar mengeluarkan bunyi ibarat layaknya insan menangis.

Dan pada tahun 1985, Koko diijinkan untuk menentukan 2 ekor anak kucing lagi. Kucing-kucing yang dipeliharanya tersebut lalu diberi nama "Lipstick" dan "Smokey". Kedua kucing tersebut juga merupakan kucing ras Manx.

Pada dikala yang sama, ada seekor burung beo yang sering makan di pohon di bersahabat daerah Koko. Koko pun menamai burung tersebut "Devil Tooth". Koko memberi nama 'devil' mungkin alasannya ialah burung beo tersebut mempunyai warna lebih banyak didominasi merah, dan 'tooth' mungkin alasannya ialah paruh burung beo tersebut berwarna puti ibarat gigi taring. Staff pun memberi nama burung tersebut "Devil Beak", yang lalu disingkat menjadi "DB".

Referensi : wikipedia

0 Komentar Koko, Gorilla Tercerdas Di Dunia

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top