Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Minggu, 07 Oktober 2018

Informasi Wacana Lemur, Hewan Yang Menjadi Kunci Dari Kebenaran Teori Evolusi

 merupakan primata endemik Pulau Madagaskar Informasi Tentang Lemur, Binatang yang Menjadi Kunci dari Kebenaran Teori Evolusi
Lemur merupakan primata endemik Pulau Madagaskar. Nama 'lemur' sendiri berasal dari kata 'lemures' yang berasal dari mytologi Romawi yang berarti hantu atau arwah, yang pertama kali dipakai untuk menggambarkan jenis kukang yang aktif di malam hari dan pergerakannya lambat, tetapi belakangan lebih ditujukan kepada jenis primata orisinil Madagaskar ini.

Meski lemur ialah salah satu jenis primata, tetapi mereka bukanlah hasil dari evolusi monyet dan kera. Mereka hanya mempunyai morfologi dan kebiasaan yang sama dengan jenis primata lainnya.

Lemur datang di Madagaskar sekitar 62 sampai 65 juta tahun yang kemudian melintasi lautan. Sejak ketika itu, lemur hidup dan mengikuti keadaan dengan lingkungan Madagaskar. Pada ketika insan datang pertama kali di Pulau tersebut sekitar 2000 tahun yang lalu, masih ada lemur yang ukurannya sebesar gorilla.

Saat ini diketahui ada sekitar 100 spesies lemur, dan sebagian dari spesies tersebut telah ditemukan atau dipromosikan untuk diakui sebagai satu spesies tersendiri semenjak tahun 1990-an. Namun pembagian terstruktur mengenai taksonomi lemur masih kontroversial dan berbeda-beda tergantung dari konsep spesies mana yang digunakan.

Ukuran Lemur beragam, mulai dari seberat 30 gram sampai 9 kg. Lemur mempunyai banyak kesamaan dengan primata basal, menyerupai jumlah jari pada tangan dan kaki mereka dan mereka mempunyai kuku bukan cakar. Namun, perbandingan ukuran otak dengan badan mereka lebih kecil daripada primata antropoid.

Lemur dapat dibilang yang paling sosial dari jenis primata strepsirrhine dan berkomunikasi lebih memakai anyir dan bunyi dari pada dengan sinyal visual. Lemur mempunyai metabolisme basal yang rendah, mempunyai demam isu kawin, dormansi (semacam hibernasi), atau dominasi lemur betina.

Makanan utama lemur ialah buah-buahan dan daun-daunan. Meski masakan para lemur itu sama, tetapi lemur yang berbeda spesies mempunyai 'buruan' mereka masing-masing, meskipun tinggal dalam hutan yang sama.

Penelitian terhadap lemur lebih fokus dalam bidang Taksonomi dan specimen collectionselama masa ke-18 dan masa ke-19. Penelitian modern terhadap lemur gres dimulai pada awal tahun 1950-an dan 1960-an. Lemur merupakan bab yang penting dalam penelitian alasannya mereka mempunyai adonan dari karakteristik primitif dengan sifat-sifat primata antropoid yang mungkin akan menjelaskan wacana evolusi primata dan manusia.

Sayangnya, banyak spesies lemur yang terancam punah alasannya kehilangan habitat dan perburuan liar. Meskipun tradisi warga setempat cenderung membantu melindungi lemur dan hutan mereka, tetapi pembalakan liar, kemiskinan, dan konflik politik menciptakan konservasi terhadap primata tersebut menjadi sulit.


Referensi : wikipedia

0 Komentar Informasi Wacana Lemur, Hewan Yang Menjadi Kunci Dari Kebenaran Teori Evolusi

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top