Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Kamis, 20 September 2018

Semut Banteng, Semut Malam Yang Tersesat Ketika Malam


 Semut Banteng Australia yang termasuk dalam kategori hewan nokturnal ini justru mengal Semut Banteng, Semut Malam Yang Tersesat Saat Malam
Unik memang. Semut Banteng Australia yang termasuk dalam kategori hewan nokturnal ini justru mengalami kesulitan menemukan jaln kembali ke sarangnya dikala hari sudah mulai gelap.

Fakta ini ditemukan setelah diadakannya penelitian oleh Vision Centre di Australia. Meskipun mempunyai status sebagai hewan yang aktif di malam hari, semut Banteng Australia yang sedang berkelana di malam hari ditemukan membutuhkan waktu lebih usang untuk mencapai sumber masakan ataupun kembali ke sarangnya.

Diungkapkan oleh Ajay Narendra dari Vision Centre dan The Australian National University, semut banteng yang nokturnal mempunyai lensa lebih besar dan photoreseptor lebih besar dibandingkan dengan saudaranya yang aktif di siang hari. Adaptasi ini dilakukan untuk mengatasi lingkungan yang redup atau pun gelap.

"Kami menemukan bahkan dengan kompensasi ibarat ini pun, semut banteng yang nokturnal masih mempunyai waktu lebih usang untuk mencapai sumber masakan atau sarang di malam hari," kata Narendra. Menurut penelitian tersebut, kesulitan yang dialami semut banteng di malam hari alasannya yaitu mereka memakai lingkungannya untuk navigasi, sedangkan lingkungan tersebut menjadi tidak begitu terlihat dikala malam tiba.

Studi ini dilakukan dengan memakai Differential GPS dengan akurasi sentimeter, untuk melacak jejak para semut. Di erat sarang semut, ditempatkan stasiun berbasis satelit yang menyediakan koordinat tepat. Kemudian, semut-semut ini diikuti oleh para penelitinya menurut koordinat GPS jelajah tersebut. Informasi yang ada dicocokkan antara GPS jelajah dengan stasiun yang ada sampai hasilnya memperlihatkan posisi si semut.

Daripenelitian tersebut, diketahui bahwa semut pekerja yang meninggalkan sarang sebelum hari gelap sanggup mencapai pohon eucalyptus (sumber masakan semut banteng) lebih cepat dibanding semut yang menuju pohon yang sama sejam sehabis matahari terbenam. "Semut 'malam' berjalan lebih lambat, lebih sering berhenti, dan mengambil jeda lebih panjang dibanding semut pengumpul sebelumnya," ujar Narendra.

rujukan : nationalgeographic

0 Komentar Semut Banteng, Semut Malam Yang Tersesat Ketika Malam

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top