Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Kamis, 27 September 2018

Mengenal Kambing Hutan Sumatera

 Dalam bahasa Inggris kambing ini dikenal dengan nama  Mengenal Kambing Hutan Sumatera
Kambing Hutan Sumatera mempunyai nama latin Capricornis sumatraensis. Dalam bahasa Inggris kambing ini dikenal dengan nama Sumatran serow. Kambing-kijang ini juga dikenal dengan nama southern serow.

Kambing Hutan Sumatera sanggup ditemukan di Pulau Sumatera, dan Semenanjung Thailand-Malaysia. Habitat mereka yaitu di hutan primer dan hutan sekunder bersahabat dengan pegunungan. Mereka aktif pada pagi serta sore hari, dan beristirahat di siang hari di kawasan teduh di bebatuan.

Meskipun tidak ada info niscaya mengenai populasi kambing hutan sumatera di Indonesia, diperkirakan kambing hutan yang hidup di Taman Nasional Gunung Leuser mengalami perkembangan yang pesat. Namun kamera tersembunyi yang dipasang di Hutan Lindung Taratak menawarkan bahwa populasi kambing hutan sumatera, langka.

Sebuah study yang dilakukan Malaysia menunjukkan, hanya ada sekitar 13 ekor kambing hutan yang mendiami wilayah seluas 7,4 hektar. Berdasarkan data tersebut diperkirakan hanya ada sekitar 500 - 700 ekor kambing hutan Sumatera yang hidup di Semenanjung Malaysia.

Masalah utama yang menjadikan kelangkaan satwa ini yaitu semakin menyempitnya habitat. Selain itu,  perburuan liar juga mempunyai andil dalam kelangkaan satwa ini. Mereka diburu, baik di area santunan ataupun area bebas, untuk dimakan dagingnya dan sebagai materi baku obat tradisional.

Bahkan, di sebuah kota yang berjulukan Pancur Batu, yang terletak di Sumatra Utara, tanduk dari kambing hutan sumatera diperjualbelikan secara bebas, dan dibiarkan saja oleh pemerintah. Padahal, hewan langka ini sudah dilindungi oleh Undang-Undang semenjak tahun 1932, dan area seluas 11.904 mil persegi sudah dijadikan sebagai area santunan mereka. Tolol kan??? Siapa yang Tolol??? Ya pemerintah lah. Udah bikin Undang-Undang, tapi nggak dipatuhi, malah diem aja.

Saat ini populasi kambing hutan Sumatera berada dalam status "Rentan (VU)" berdasarkan Red List IUCN.

Refrensi : redorbit

0 Komentar Mengenal Kambing Hutan Sumatera

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top