Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Selasa, 18 September 2018

Mengenal Chinchilla, Chinca Kecil Berbulu Lembut Dari Pegunungan Andes


Chinchilla yakni binatang bertelinga besar yang berasal dari pegunungan Andes Mengenal Chinchilla, Chinca Kecil Berbulu Lembut Dari Pegunungan Andes


Chinchilla yakni binatang bertelinga besar yang berasal dari pegunungan Andes, Amerika Selatan. Nama "chinchilla" secara harfiah berarti "Chincha kecil," nama dari suku Chincha di Andes yang menggunakan bulu kulit chinchilla. Di Tiongkok, binatang ini disebut lóng māo, yang sanggup diartikan sebagai "kucing naga." Saat ini ada 2 spesies chinchilla yang masih hidup, yaitu Chinchilla Brevicaudata dan Chinchilla Lanigera. Chincilla Lanigera mempunyai fisik lebih kurus dan ekor lebih panjang. 

Hewan ini penampilannya sekilas menyerupai bajing tanah, tetapi lebih berpengaruh dan besar. Hewan ini cocok dipelihara di tempat dengan iklim yang dingin. Mereka tidak sanggup hidup di tempat dengan cuaca yang cukup panas, jadi jikalau ingin memeliharanya Anda harus memastikan binatang peliharaan ini tetap dingin. Mereka membutuhkan sangkar yang cukup luas dan leluasa untuk sanggup bergerak dengan bebas. Walaupun masih sedikit jumlahnya, binatang ini juga sudah mulai dipelihara di Indonesia. 

Chinchilla mempunyai bulu yang sangat halus dan harus secara secara rutin dimandikan dengan debu vulkanik untuk membuang minyak dan tetesan air yang mengumpul di rambut tebal mereka. Rambut mereka sangat lebat sehingga benalu kulit (seperti kutu) tidak akan sanggup hidup sebab akan mati tercekik. Sebagai perbandingan, jikalau rambut insan tumbuh dari tiap folikel, maka seekor chinchilla mempunyai 50 rambut dari satu folikel. Warna bulunya sendiri bervariasi, tapi yang paling banyak ditemui yakni warna abu-abu, biru, atau putih.

Chinchilla yakni binatang nokturnal yang mencari makan di malam hari. Mereka merupakan binatang omnivora yang suka memakan rumput, buah, biji, serangga, dan telur burung. Di siang hari, mereka lebih banyak tinggal di dalam lubang atau celah bebatuan. Di alam liar, Chinchilla hidup secara berkelompok di mana satu kelompok anggotanya bisa mencapai 100 ekor.

Chinchilla merupakan buruan dari sejumlah predator menyerupai burung pemangsa, musang, ular, dan kucing besar. Jika terancam bahaya, Chinchilla akan begerak menuju lubang persembunyiannya sehingga musuhnya tidak sanggup menggapainya. Metode pertahanan tersebut dibantu oleh kemampuan chinchilla bergerak cepat dan melompat. Mereka diketahui bisa melompat sampai setinggi 1,8 m. Chinchilla juga bisa melepaskan bulunya atau menyemprotkan air seni ke arah musuhnya.

Chinchilla hidup secara monogami dan tidak mempunyai animo kawin yang spesifik. Mereka bisa melaksanakan reproduksi kapan saja. Sesudah melaksanakan perkawinan, chinchilla akan memasuki periode kehamilan yang mencapai 111 hari. Setelah lahir, anakan chincilla akan menyusu pada induknya sampai usia sekitar 8 minggu. Seekor chinchilla bisa hidup sampai usia 10 tahun (20 tahun dalam tangkapan) dan mencapai ukuran 30 cm.

Karena bulunya yang halus, chinchilla lalu diburu oleh insan untuk dijadikan materi pakaian. Di awal kala ke-20, bulu chinchilla bisa dihargai $ 100.000. Imbasnya, chinchilla sekarang menghadapi ancaman kepunahan jawaban eprburuan liar. Selain itu, perusakan habitat juga ikut memperlihatkan andil dalam menurunnya populasi chinchilla. Saat ini perburuan chinchilla sudah ditentang dan dilindungi dengan Convention on International Trade of Endangered Animals (CITES). Untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik untuk diambil bulunya maupun untuk dijadikan binatang peliharaan ketika ini chinchilla sudah diternakkan secara massal. 

KLASIFIKASI 
Kingdom : Animalia 
Filum : Chordata 
Kelas : Mammalia 
Ordo : Rodentia 
Famili : Chinchillidae 
Genus : Chinchilla (Bennett, 1829) 

Referensi: about.com dan wikipedia

0 Komentar Mengenal Chinchilla, Chinca Kecil Berbulu Lembut Dari Pegunungan Andes

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top