Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Minggu, 16 September 2018

Jokia Dan Sangduen, Persahabatan Insan Dan Gajah Buta

Persahabatan memang  sesuatu yang tidak mengenal batasan Jokia dan Sangduen, Persahabatan Manusia dan Gajah Buta
Persahabatan memang sesuatu yang tidak mengenal batasan. Demikianlah kiranya kata-kata yang sanggup mewakili cerita persahabatan seorang perempuan asal Thailand berjulukan Chailert Sangduen (40) dengan seekor gajah buta berjulukan Jokia. 

Awalnya, Jokia ialah seekor gajah yang dipekerjakan di sebuah perjuangan penebangan kayu liar. Ia dipaksa untuk menarik gelondongan kayu, meskipun dalam kondisi hamil. Terlalu keras bekerja, ia pun mengalami keguguran dan mogok kerja sebagai perlawanannya. Menanggapi agresi Jokia mogok kerja tersebut, seorang mahout -pawang gajah sekaligus pemilik- membidiknya dengan ketapel yang secara tidak sengaja sempurna mengenai mata kiri Jokia sampai buta. Jokia pun membalas dengan mematahkan leher lelaki itu dengan belalainya.

Si mahout yang murka lantas memanah mata kanan Jokia yang membuatnya menjadi buta total dan kemudian mengikatnya dengan rantai. Dalam keadaan tak sanggup melihat, ia masih tetap dipaksa untuk mengangkut gelondogan kayu jati.

Suatu hari saat Sangduen mengunjungi lokasi penebangan, ia menyaksikan Jokia sedang dipukuli oleh pemiliknya. Melihat penderitaan yang dialami Jokia, Sangduen yang berprofesi sebagai pemilik distributor perjalanan di Chiang Mai memutuskan untuk membeli dan merawat sang gajah malang tersebut.

Jokia sendiri bukanlah binatang pertama yang dirawat dan dilindungi oleh Sangduen. Di rumahnya, Sangduen memelihara 30 ekor anjing yang dibuang ataupun terluka. Ia juga memberi makan 200 ekor anjing tak bertuan. Jokia ialah satu dari 17 gajah sampaumur yang telah diselamatkannya.Kemudian mereka ditempatkan di dalam hutan seluas 385 hektare, yang terletak 55 kilometer di utara hutan perbukitan Chiangmai, Thailand bab utara. Sangduen menyebut lahan luas itu sebagai Suaka Gajah. Lahan tersebut merupakan milik langsung Sangduen dan sebagian lahan yang ia sewa dari pemerintah. 

Dedikasi Sangduen terhadap bintang sungguh luar biasa, Ia pun disebut sebagai penggagas gerakan tindakan beradab terhadap binatang. Bahkan baru-baru ini ia pun mendapat penghargaan dari sebuah yayasan di Polandia. 

0 Komentar Jokia Dan Sangduen, Persahabatan Insan Dan Gajah Buta

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top