Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Sabtu, 29 September 2018

Informasi Perihal Rino Sumatera Atau Rino Bercula Dua

Informasi Tentang Badak Sumatera atau Badak Bercula Dua Informasi Tentang Badak Sumatera atau Badak Bercula Dua
Badak Sumatera atau Badak Bercula Dua merupakan spesies rino paling langka di dunia bersama dengan badak jawa. Badak jenis ini merupakan yang paling kecil dari spesies rino ketika ini.

Badak Sumatera merupakan hewan yang soliter. Habitat rino sumatera yakni di wilayah dalam dari hutan gunung yang belantara di wilayah Malaysia, Indonesia (Pulau Sumatera), dan kemungkinan juga Myanmar.

Makanan rino sumatera antara lain buah, ranting, daun, dan semak-semak. So, mereka yakni hewan herbivora. Seperti kebanyakan jenis rino lainnya, rino sumatera juga mempunyai indera penciuman dan telinga yang sangat tajam. Mereka akan meninggalkan semacam anyir yang sanggup dilacak di seisi hutan yang sanggup dipakai untuk menemukan lokasi rino lainnya.

Sebagai spesies rino terkecil, rino sumatera mempunyai berat sekitar 800 kg, dan sanggup tumbuh sampai setinggi 1,5 m diukur dari pundak, dengan panjang sekitar 2,5 sampai 3,2 m.

Badak Sumatera mempunyai 2 tanduk. Panjang tanduk utama sanggup tumbuh mencapai 79 cm, sedangkan tanduk sekundernya hanya tumbuh sampai sekitar 10 cm. Tanduk ini yakni senjata pertahanan dari sang badak. Ironisnya, justru alasannya yakni tanduk inilah rino jadi diburu oleh insan untuk diambil tanduknya.

Tanduk rino ini diburu untuk dipakai sebagai materi baku obat tradisional di China, Taiwan, Hongkong, dan Singapura. Tanduk rino ini juga berharga di Timur Tengah, khususnya Yaman, dan Afrika Utara untuk dipakai sebagai aksesoris gagang belati.

Saat ini populasi rino Sumatera berada pada status "Kritis (CR)" berdasarkan data Redlist IUCN. Diperkirakan hanya ada sekitar 400 rino sumatera yang ketika ini masih ada. Sayangnya kebanyakan badak-badak sumatera yang tinggal di penangkaran atau kebun hewan sangat susah untuk sanggup berkembang biak.

Pada tahun 2001, untuk pertama kalinya seekor anak rino sumatera lahir di kebun hewan Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat. Dan merupakan persalinan yang tersukses dalam rentang waktu 100 tahun.

Referensi : national geographic

0 Komentar Informasi Perihal Rino Sumatera Atau Rino Bercula Dua

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top