Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Selasa, 25 September 2018

Informasi Ihwal Lutra Sumatera, Berang-Berang Paling Langka Di Dunia

 atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama  Informasi Tentang Lutra Sumatera, berang-berang paling langka di dunia
Lutra Sumatera mempunyai nama latin Lutra sumatrana atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama hairy-nosed otter. Satwa endemik Indonesia ini yakni spesies berang-berang paling langka di dunia. Satwa ini sempat dinyatakan punah, sampai pada tahun 1998 mereka ditemukan lagi dalam sekelompok kecil.

Lutra Sumatera merupakan spesies berang-berang berukuran medium. Panjangnya sekitar 1,3 m dengan berat sekitar 7 kg. Jari-jari mereka tertutup selaput dan mempunyai cakar yang berkembang dengan baik. Bulunya berwarna cokelat gelap pada bab atas, dan lebih cerah pada bab bawah. Bagian moncongnya ditutupi oleh bulu pendek berwarna gelap.

Sebelumnya Lutra Sumatera sempat dianggap sebagai sub-spesies dari Lutra lutra. Namun menurut tes DNA, Lutra Sumatra kesannya dipastikan yakni satu spesies sendiri, yaitu spesies Lutra sumatrana yang sempat dikabarkan sudah punah pada tahun 1998.

Habitat lutra Sumatera yakni kawasan pesisir, dan kawasan sekitaran sungai besar. Mereka cenderung soliter, meski terkadang berada dalam sebuah grup kecil yang berisi sekitar 4 ekor lutra. Makanan lutra Sumatera antara lain ikan, dan udang.

Penyebaran lutra Sumatera mencakup Sumatera bab Selatan, Thailand bab selatan, barat daya kamboja, dan selatan Vietnam. Kemungkinan besar mereka juga terdapat di Laos, Malaysia, dan Pulau-pulau lain di Indonesia.

Belum ada data resmi mengenai beapa jumlah lutra sumatera yang ada di alam liar. Namun diperkirakan jumlahnya tidaklah banyak. Oleh alasannya yakni itu IUCN menetapkan lutra sumatera pada status "Terancam PUnah (EN)".

Referensi : IUCN

0 Komentar Informasi Ihwal Lutra Sumatera, Berang-Berang Paling Langka Di Dunia

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top