Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Jumat, 21 September 2018

Hewan Ini Suka Getarkan Alat Kelaminnya



Sungguh asing cara seekor ngengat dalam mengatasi bahaya predatornya Hewan Ini Suka Getarkan Alat Kelaminnya
Sungguh asing cara seekor ngengat dalam mengatasi bahaya predatornya, kelelawar. Ngengat hawk yang biasa ditemukan di Kalimantan, akan menggetarkan alat reproduksinya dengan tujuan mengacak sonar milik kelelawar. Suara yang dihasilkan dari getaran tersebut diduga dimaksudkan untuk mengalihkan ekolokasi dari kelelawar.

Seorang pakar ekolog tingkah laris di Boise State University, Amerika Serikat berjulukan Jesse Barber beropini bahwa getaran tersebut menciptakan si ngengat "tidak terlihat" untuk sementara dari deteksi sang predator. Barber menambahkan bahwa pada ngengat macan, grup ngengat yang diketahui menghasilkan bunyi anti-kelelawar, sinyal ultrasonik mereka memperingatkan rasa yang tidak enak, bahkan menghambat sonar kelelawar. Dengan demikian ngenget pun akan selamat dari bahaya si pemangsa.

Dalam proses penelitian terhadap tingkah laris ngengat hawk tersebut, Barber menggandeng Akito Kawahara --ahli biologi evolusi dari University of Florida untuk mengambarkan bahwa ngengat hawk juga menghasilkan bunyi ultrasonik anti-kelelawar yang sama dengan ngengat macan. Mereka bereksperimen dengan tiga spesies ngengat: Cechenena lineosa, Theretra boisduvalli, dan Theretra nessus.

Ketiga spesies ini ditempatkan dalam alat yang dilengkapi tali pancing dan sedotan minuman. Di sini, kecepatan dan bunyi para ngengat direkam dengan kamera berkecepatan tinggi dan mikrofon. Digunakan juga speaker berteknologi tinggi yang dapat memainkan rekaman bunyi ultrasonik dari kelelawar.

"Kami menempatkan ngengat di depan speaker ultrasonik dan mikrofon. Kemudian kami putar bunyi kelelawar ke ngengat-ngengat ini dan lihat bagaimana sikap mereka," ujar Kawahara, yang hasil studinya dipublikasikan pada Rabu (3/7) kemudian di jurnal Biology Letters.

Benar saja, sesudah mendengar bunyi kelelawar, ngengat-ngengat ini menghasilkan bunyi ultrasonik. Dengan pemberian kamera berkecepatan tinggi, maka dapat terlihat dari mana asal bunyi ini. Ternyata ngengat menghasilkan bunyi ultrasonik ini dengan cara menggesekkan alat kelamin. Perilaku ini ditemukan di ngengat jantan dan betina.
"Kami menduga bahwa bunyi ini dipakai untuk menghambat ekolokasi kelelawar dan memperingati para kelelawar," kata Kawahara.  





0 Komentar Hewan Ini Suka Getarkan Alat Kelaminnya

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top