Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Sabtu, 15 September 2018

Heboh Inovasi Fosil Unta Raksasa Kanada

Unta sudah barang tentu menjadi satwa yang popular dan identik dengan lingkungan padang p Heboh Penemuan Fosil Unta Raksasa Kanada

Unta sudah barang tentu menjadi satwa yang popular dan identik dengan lingkungan padang pasir dari jazirah Arab. Tapi siapa sangka jikalau ternyata unta juga pernah hidup di tempat arktik yang bersuhu hambar hingga mencapai 18 derajat celcius.

Ya, baru-baru ini sebuah bukti diungkapkan oleh para peneliti bahwa mereka pernah hidup di wilayah Kanada Tinggi Arktika. Diperkirakan hal ini terjadi di Pulau Ellesmere sekitar 3,5 juta tahun silam. Hal ini terungkap sehabis ditemukannya sisa fosil seekor unta raksasa berusia 3,5 juta tahun yang ditemukan di Pulau yang terletak di tempat utara Kanada tersebut. Unta raksasa tersebut berukuran 30 persen lebih besar dibandingkan dengan unta yang ada ketika ini.

Para peneliti menganalisa sisa fosil unta tersebut memakai metode sidik jari kolagen dengan mengukur jumlah protein tulang yang disebut Tipe I kolagen. Mamalia mempunyai karakteristik yang diukur dari jumlah protein tersebut, yang mana protein ini sanggup bertahan lebih usang dari banyak molekul biologis lainnya di dalam tubuh.

Seorang paleobiologi, Natalia Rybczynski, dari The Canadian Museum of Nature di Ottawa menyatakan bahwa temuan ini sekaligus memperlihatkan bahwa unta yang ketika ini ada berasal dari unta raksasa yang dulunya pernah tinggal di hutan Arktika yang mempunyai suhu lebih hangat dibanding hari ini. Hal ini tentu mengejutkan sebab biasanya kita mengaitkan unta dengan habitat yang kering dan setengah gersang.

Unta termasuk ke dalam genus Camelus, yang berasal dari Amerika Utara selama periode Eosen atau kurang lebih sekitar 45 juta tahun yang lalu. Mereka kemudian menyebrang ke Eurasia melewati Bering Isthmus, yang merupakan jembatan antara Alaska dan Rusia.

Para peneliti menemukan sekitar 30 potongan tulang yang merupakan kepingan tibia/ tulang kering unta. Dari lokasi inovasi fosil tersebut. Para peneliti memperkirakan unta Amerika bergerak ke arah utara kurang lebih 1.200 kilometer. Tim peneliti memperkiran bahwa pada ketika itu terjadi sebuah periode yang dikenal sebagai periode pertengahan Pliosen hangat. Suhu global kala itu diperkirakan dua hingga tiga derajat Celcius, lebih hangat dibandingkan ketika ini. Sedangkan lokasi tempat unta ditemukan bersuhu sekitar 18 derajat Celcius, dengan suhu rata-rata 1,4 derajat Celcius.

Referensi : nationalgeographic

0 Komentar Heboh Inovasi Fosil Unta Raksasa Kanada

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.