Binatang.co.id

Binatang.co.id - Informasi Binatang atau Hewan dari Seluruh Dunia.

Jumat, 14 September 2018

Golden Monkey, Simpanse Yang Seolah-Olah Sun Gokong

 Si Kera Sakti yang sangat melegenda dalam kisah rakyat China Golden Monkey, Kera Yang Mirip Sun Gokong
Siapa yang tak kenal dengan Sun Gokong, Si Kera Sakti yang sangat melegenda dalam kisah rakyat China. Ia diceritakan mempunyai kesaktian yang sangat dahsyat dan bisa berubah wujud dalam 72 bentuk. Selain itu, beliau juga sangat lincah dan usil sampai suatu hari kenakalannya membuatnya dieksekusi oleh sang Buddha dan dikurung di Gunung Lima Jari.
Sun Gokong, Si Raja Kera mempunyai bulu berwarna kuning keemasan dan hal Itulah yang menjadi kemiripan antara beliau dan binatang orisinil China ini. Golden Monkey atau Kera emas, ibarat namanya, monyet ini memilki kemiripan dengan Sun Gokong dari bulunya yang berwarna keemasan. Selain itu, sosoknya yang lincah dan tekstur wajah yang unik memang sangat ibarat dengannya. Ya,..bisa jadi si penulis cerrita terinspirasi sesudah berjumpa dengan spesies monyet ini.

Kera keemasan ini telah menjadi fauna endemik dataran Tiongkok semenjak berabad-abad lalu. Mereka termasuk spesies monyet langka dan tergolong satwa yang dilindungi oleh pemerintahan China. Kera ini tidak mempunyai kebiasaan menahan napas ibarat yang umumnya dilakukan kera-kera lain. Rambutnya memancarkan warna keemasan nan indah, yang dikombinasikan dengan sedikit paduan warna merah dan hitam.

Golden Monkey mempunyai kemampuan bertahan hidup yang cenderung lebih berpengaruh dibandingkan spesies monyet lain di China. Mereka biasa hidup di hutan-hutan pegunungan di China dan memakan pucuk-pucuk daun, buah-buahan, bibit pinecone, kulit kayu, serangga, burung, maupun telur burung.

Status sebagai monyet langka yang disandanganya ,tidak serta merta menciptakan seluruh orang China berusaha menjaga kelestarian habitat monyet yang berjulukan latinRhinopithecus roxellanae ini. Ada juga beberapa orang yang memanfaatkan keindahan kilauan emas pada bulunya sebagai materi untuk mantel. Selain itu, ada juga yang memanfaatkan daging dan tulangnya untuk obat herbal.

Pemerintah China sendiri dalam usahanya untuk melestarikan monyet emas yang sangat langka ini telah mendirikan beberapa konservasi. Di antaranya ialah pelestarian di daerah hutan lindung Shennongjia yang terletak di bab barat maritim Provinsi Hubei, Tiongkok tengah. Hutan belantara yang mempunyai lebih 3.700 jenis banyak sekali flora dan lebih 1.000 menjadi tempat pelestarian banyak sekali jenis binatang termasuk monyet emas.

Seiring dengan perbaikan lingkungan ekologi di Shennongjia, ketika ini populasi monyet bulu emas bertambah dari lebih 600 ekor pada masa paling sedikit menjadi lebih 1.200 ekor kini ini, dan menjadi pemandangan unik di Shennongjia. Secara moderat, melalui Shennogjia, pemerintah China telah berhasil menyebarkan pariwisata ekologi dan menjaga kelestarian monyet berbulu emas.


0 Komentar Golden Monkey, Simpanse Yang Seolah-Olah Sun Gokong

Posting Komentar

Pekerjaan terbaik adalah mengerjakan hobimu sendiri.

Back To Top